SILABUS MATA PELAJARAN:
FISIKA
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas
/Semester : X
Kompetensi
Inti:
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena
alam fisis dan pengukurannya
|
Pengukuran
· Ketelitian
(akurasi) dan ketepatan (presisi)
· Kesalahan
pengukuran
· Penggunaan
angka penting
|
Mengamati
·
Membuat
daftar (tabel) nama besaran, alat
ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu,
termasuk yang berlaku di daerah setempat (misalnya:
untuk ukuran massa: mayam di Sumatera Utara, untuk ukuran panjang: tumbak di
Jawa Barat).
·
Mengamati beberapa alat ukur panjang, massa dan waktu
yang ada di sekitar(mistar milimeter, jangka
sorong, mikrometer, neraca lengan, neraca pegas, dan stopwatch) dan menemukan
cara bagaimana alat tersebut bekerja/digunakan
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan
tentang cara menggunakan alat ukur, cara mebaca skala, dan cara
menuliskan hasil pengukuran
·
Mempertanyakan aspek
ketelitian, ketepatan, dan keselamatan kerja, serta alat ang digunakan dalam
mengukur
Eksperimen/explore
·
Mengukur masa jenis
kelereng (pengukuran
dilakukan satu kali) dan batu kerikil (dilakukan berulang dengan ukuran beda
dan jenis yang sama) secara berkelompok
dengan menggunakan neraca, jangka sorong atau mikrometer, dan gelas ukur
Asosiasi
·
Mengolah data hasil
pengukuran berulang (diberikan oleh guru) dalam bentuk penyajian data,
membuat grafik, menginterpretasi data dan grafik, dan menghitung kesalahan,
serta menyimpulkan hasil interpretasi data
Komunikasi
·
Membuat laporan
tertulis
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari
berkaitan dengan pengukuran
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian tentang
penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran dan/atau pilihan ganda
tentang membaca alat ukur
|
9 JP
(3 x 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum
Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat:
· Neraca
· jangka
sorong
· mikrometer
· gelas
ukur,
· stopwatch
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.1
Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip
pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)
|
||||||
4.1
Menyajikan
hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang
tepat untuk penyelidikan ilmiah
|
||||||
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena
alam fisis dan pengukurannya
|
Penjumlahan Vektor
|
Mengamati
·
Menggambar vektor, resultan vektor, komponen vektor serta
menghitung besar dan arah resultan vektor dalam sebuah pengamatan bersama
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan cara menghitung
besar dan arah dua buah vektor
Eksperimen/explore
·
Melakukan percobaan untuk menentukan resultan dua vektor sebidang
Asosiasi
·
Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu
Komunikasi
·
Mempresentasikan contoh penerapan
vektor dalam kehidupan sehari-hari
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari
berkaitan dengan vektor
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan
eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau
pilihan ganda tentang resultan dua dan/atau tiga vektor
|
9 JP
(3 X 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum
Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· neraca
pegas
· busur
derajat
· papan
triplek yang dilengkapi kertas berpetak
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.2
Menerapkan prinsip
penjumlahan vektor (dengan pendekatan geometri)
|
||||||
4.1
Menyajikan
hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang
tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.2
Merencanakan
dan melaksanakan percobaan untuk menentukan resultan vektor
|
||||||
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena
alam fisis dan pengukurannya
|
Gerak Lurus dengan Kecepatan dan Percepatan Konstan
|
Mengamati
·
Mengamati
demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus
dengan percepatan konstan
Menanya
·
Menanyakan
perbedaan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan
konstan
Eksperimen/explore
·
Melakukan percobaan gerak lurus
dengan kecepatan konstan dengan
menggunakan kereta atau mobil mainan.
·
Melakukan
percobaan gerak lurus dengan percepatan
konstan dengan menggunakan troly.
Komunikasi
·
Mempresentasikan
hasil percobaan benda yang bergerak lurus
dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan dalam bentuk grafik
Asosiasi
·
Menganalisis
besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan.
·
Menganalisis
besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan.
·
Menganalisis
besaran-besaran dalam GLBB dan gerak jatuh bebas dalam diskusi kelas
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari
berkaitan dengan gerak lurus
dengan kecepatan dn percepatan konstan
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan
eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau
pilihan ganda gerak lurus dengan
percepatan konstan
|
12 jam
(4 x 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum
Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· papan
luncur
· troly
· kereta
mainan tenaga batere
· tiker
timer
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.3
Menganalisis
besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak
lurus dengan percepatan konstan
|
||||||
4.1
Menyajikan
hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang
tepat untuk penyelidikan ilmiah
2.2
Menyajikan data dan
grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak
lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
|
||||||
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena
alam fisis dan pengukurannya
|
Hukum Newton dan Penerapannya
|
Mengamati
Mengamati peragaan:
·
benda diletakan di
atas kertas kemudian kertas ditarik perlahan dan dan tiba-tiba
·
benda ditarik atau
didorong untuk menghasilkan gerak
·
benda dilepas dan
bergerak jaruh bebas
·
benda ditarik tali
melalui katrol dengan beban berbeda
Mepertanyakan:
·
Mempertanyakan penyebab
benda menjadi bergerak
·
Menanyakan pengaruh
masa benda dan besar gaya terhadap percepatan gerak
Eksperimen/Eksplorasi
·
Melakukan
percobaan hukum Newton 1 dan 2 secara berkelompok
·
Melakukan
percobaan gerak benda misalnya dalam bidang miring untuk membedakan gesekan
statik dan kinetik
Asosiasi
·
Menghitung
percepatan benda dalam sistem yang terletak pada bidang miring, bidang datar,
dan sistem katrol dalam diskusi kelas.
Komunikasi
·
Menggambar gaya berat, gaya normal, dan gaya tegang tali dalam
diskusi pemecahan masalah dinamika gerak lurus tanpa gesekan
|
Tugas
Menerapkan hukum Newton dalam memecahkan masalah
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan
eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis
Tes
Tertulis Uraian
dan Pilihan Ganda
tentang hukum Newton 2
|
9
JP
(3 x 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C. Giancoli
– 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum
Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat:
· katrol
· beban
gantung
· troly
· tiker
timer
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.4 Menganalisis hubungan antara gaya, massa,
dan gerakan benda pada gerak lurus
|
||||||
4.1
Menyajikan
hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang
tepat untuk penyelidikan ilmiah
2.2
Merencanakan dan
melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan percepatan
dalam gerak lurus
|
||||||
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena
alam fisis dan pengukurannya
|
Gerak Melingkar dengan laju Konstan
|
Mengamati
·
Menemukan
besaran frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut,
dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar melalui demonstrasi.
Menanya
·
Mengidentifikasi
besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat
pada gerak melingkar dengan laju konstan.
Eksperimen/Eksplorasi
·
Melakukan
percobaan secara berkelompok untuk menyelidiki gerak yang menggunakan
hubungan roda-roda.
Asosiasi
·
Menganalisis
gerak melingkar beraturan dalam pemecahan masalah melalui diskusi kelas
·
Menganalisis
besaran yang berhubungan antara gerak linier dan gerak melingkar pada gerak
menggelinding dengan laju konstan
Komunikasi
·
Mempresentasikan
contoh gerak melingkar dalam kehidupan dan aplikasinya
·
Mengkomunikasikan
hasil npercobaan dalam bentuk grafik dan laporan sederhana
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari
berkaitan dengan gerak melingkar
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan
eksperimen
Portofolio
Bahan presentasi
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau
pilihan ganda besaran-besaran pada gerak melingkar dengan laju konstan
|
9
JP
(3 x 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum
Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.5 Menganalisis besaran fisis pada gerak
melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam teknologi
|
||||||
4.5 Menyajikan
ide/gagasan terkait gerak melingkar (misalnya pada hubungan roda-roda)
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena
alam fisis dan pengukurannya
|
Elastisitas
dan Hukum Hooke
·
Hukum Hooke
·
Susunan pegas
seri-paralel
|
Mengamati
·
Peragaan benda elastis dan benda
plastis
·
Demonstrasi
pengaruh gaya terhadap perubahan panjang pegas/karet
Menanya
·
Tanya jawab sifat
elastisias benda
·
Diskusi stress,
strain, dan modulus elastisitas
·
Diskusi tentang hukum
Hooke dan susunan pegas
Eksperimen/Eksplorasi
·
Melakukan percobaan
hukum Hooke dengan menggunakan pegas/karet, mistar, beban gantung, dan statif
secara berkelompok
·
Eksplorasi untuk
menemukan karakteristik susunan pegas seri dan paralel
Mengasosiasi
·
Mengolah data
percobaan ke dalam grafik, menentukan persamaan grafik, dan membandingkan
hasil percobaan dengan bahan pegas/karet yang berbeda
·
Memformulasi konstanta pegas susunan seri dan paralel
Mengkomunikasikan
·
Diskusi kelompok
membahas hasil percobaan
·
Membuat laporan hasil
percobaan
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari
berkaitan dengan alastisitas dan hukum Hooke
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan
eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau
pilihan ganda hukum Hooke pada susunan pegas seri /paralel
|
12 JP
(4 x 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum
Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· statif
· beban
gantung
· pegas/karet
· mistar
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.6
Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan
sehari hari
|
||||||
4.1
Menyajikan
hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang
tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.6
Mengolah
dan menganalisis hasil percobaan
tentang sifat elastisitas suatu bahan
|
||||||
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena
alam fisis dan pengukurannya
|
Fluida statik
· Hukum
utama hidrostatis
· Hukum
Pascall
· Hukum
Archimedes
· Gejala
kapilaritas
· Viskositas
dan Hukum Stokes
|
Mengamati
· Peragaan:
-
simulasi kapal
selam dalam botol minuman
-
keadaan air dalam
sedotan minuman dalam berbagai keadaan
-
Membaca artikel
tentang penggunaan sistem hidrolik dan sistem kerja kapal selam
Menanya
·
Mempertanyakan
tentang hukum-hukum fluida statik dan
penerapannya
Eksperimen/explore
·
Membuat alat peraga sistem hidrolik
secara berkelompok
Asosiasi
·
Menerapkan
konsep tekanan hidrostatis, prinsip
hukum Archimedes dan hukum Pascall melalui percobaan
Komunikasi
·
Mempresentasikan
penerapan hukum-hukum fluida statik
·
Membuat laporan
hasil percobaan
·
Memberikan contoh
penerapan sifat-sifat fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari
berkaitan dengan fluida statik
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan
eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau
pilihan ganda hukum Archimedes, hukum Pascal, kapilaritas dan hukum Stokes
|
12 JP
(4 x 3 JP)
|
Sumber
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum
Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· tangki
air atau ember dan hidrometer
· bejana
berhubungan
· balon
karet dalam botol minuman (simulasi kapal selam)
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.7 Menerapkan
hukum-hukum pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||
4.1
Menyajikan
hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang
tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.7
Merencanakan dan
melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah
suatu pekerjaan
|
||||||
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena
alam fisis dan pengukurannya
|
Suhu, Kalor dan Perpindahan
Kalor
·
Suhu dan pemuaian
·
Hubungan kalor
dengan suhu benda dan wujudnya
·
Azas Black
·
Peripindahan kalor
secara konduksi, konveksi, dan radiasi
|
Mengamati
·
Menyimak peragaan
tentang:
-
Simulasi pemuaian
rel kereta api
-
Pemanasan es
menjadi air
-
Konduktivitas logam
(almunium, besi, tembaga, dan timah)
·
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai pengaruh
kalor terhadap perubahan suhu benda, pengaruh
perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian),
dan perpindahan kalor
secara konduksi, konveksi dan radiasi
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan
tentang pengaruh kalor terhadap suhu, wujud, dan ukuran benda
·
Mempertanyakan
tentang azas Black dan perpindahan kalor
Eksperimen/explorasi
·
Melakukan percobaan untuk menentukan
kalor jenis logam
Asosiasi
·
Mengolah data
percobaan kalor jenis logam dengan menggnakan kalorimeter dalam bentuk
penyajian data, membuat grafik, menginterpretasi dan dan grafik, dan menyusun
kesimpulan.
Komunikasi
·
Membuat laporan
hasil eksperimen
·
Menhkomunikasikan
hasil percobaan dalam bentuk grafik
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari
berkaitan dengan suhu dan
perpindahan kalor
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan
eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian tentang pemuaian, dan asas Black dan/atau
pilihan ganda tentang perpindahan kalor dengan cara konduksi dan konveksi
|
12 JP
(4 x 3 JP)
|
Sumber
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum
Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· kalorimeter
· kubus
logam
· termometer
· stopwatch
· lilin
· batang
logam alumunium, besi, tembaga, dan timah
· pemanas
air
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif;
inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.7 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan
kalor pada kehidupan sehari-hari
|
||||||
4.1
Menyajikan
hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang
tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.8
Merencanakan
dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki karakteristik termal suatu
bahan, terutama kapasitas dan
konduktivitas kalor
|
||||||
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena
alam fisis dan pengukurannya
.
|
Alat-alat optik
· Mata dan kaca mata.
· Kaca pembesar (lup).
· Mikroskop
· Teleskop
· Kamera.
|
Mengamati
·
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai
alat-alat optic dalam kehidupan sehari-hari
Mengeksplorasi
·
siswa mengeksplorasi dari sumber belajar
yang relevan tentang prinsip pembentukan -bayangan dan perbesaran pada
kacamata,lup, mikroskop, teropong dan kamera .
Mepertatanyakan:
·
Mempertanyakan tentang prinsip
pembentukan bayangan dan perbesaran pada kaca mata, lup, mikroskop ,teleskop dan
kamera
Eksplorasi
·
Melakukan eksplorasi tentang pembentukan bayangan dan perbesaran pada
kaca mata, lup, mikroskop ,teleskop dan kamera
·
Melalui diskusi kelompok dapat
membedakan pengamatan tanpa akomodasi dengan berakomodasi maksimum pada alat
optik lup, mikroskop dan teleskop.
·
Merancang dan membuat teropong sederhana secara berkelompok
Mengkomunikasikan
·
Presentasi
kelompok tentang hasil merancang dan membuat teropong sederhana
|
Tugas
Membuat resume hasil
eksplorasi untuk bahan diskusi kelas.
Portofolio
Bahan presentasi rancangan untuk membuat teropong sederhana
Observasi
Cecklist lembar pengamatan
kegiatan diskusi kelompok
Hasil karya
Teropong sederhana
Tes
Uraian dan atau pilihan
ganda tentang prinsip pembentukan dan
perbesaran bayangan pada kaca mata, lup, mikroskop , teropong dan
kamera
|
12 JP
(4 x 3 JP)
|
Sumber
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum
Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· teropong
bintang
· mikroskop
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.9 Menganalisis cara kerja alat optik
menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
|
||||||
4.9
Menyajikan ide/rancangan
sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada
cermin dan lensa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar